Rabu, 07 Maret 2012

Software Pembuat Laptop Menjadi Wireless Router / Hotspot



Yah emang sekarang sudah zamannya laptop/notebook atau netbook, setiap kalangan penggila yang namanya teknologi informasi tentunya sudah hampir 80% menggunakan laptop atau yang sejenisnya, komputer desktop tak lagi populer karena laptop dapat dibawa kemana – mana tentunya. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi di bidang jaringan yaitu WIFI yang lebih memudahkan kita dalam mengakses internet tanpa harus menggunakan jaringan kabel.

Sekarang ini warung – warung kopi juga sudah memiliki jaringan wifi yang dapat di akses secara gratis, tentunya bila kita minum kopi disitu. Hal ini terjadi karena si pemilik warung menggunakan yang namanya Wireless Router / Hotspot / Access Point yang dapat menyebarluaskan signal wireless internet ke berbagai tempat.
Untuk itu disini saya akan mencoba untuk berbagi kepada siapapun yang ingin membuat Wireless Router / Hostpot tanpa harus menggunakan access point. Yah tutorial ini ditujukan kepada yang mempunyai fasilitas internet di rumah dan menggunakan laptop/notebook dan tentunya ingin berbagi dengan beberapa teman yang datang ke rumah anda, tapi yang datang jangan sering2 yah lau gak ikutan bayar tagihannya.. heheheheheh….
Tips ini menggunakan software / aplikasi yang namanya Connectify, aplikasi ini berfungsi mengubah laptop anda menjadi wireless router / hotspot tanpa harus menggunakan access point. Jadi teman – teman yang datang kerumah dengan membawa laptop juga dapat menggunakan akses internet anda.
Software ini hanya bekerja / berjalan pada Sistem Operasi Windows 7 (Seven), so bagi pembaca  yang menggunakan SO Windows XP atau yg lainya bila ingin mencoba harus ganti SO dulu yah… bukannya memaksa tapi keharusan.
Oke sepertinya dah kebanyakan basa – basi neh. Maaf yah. Sekarang kita langsung ke cara pemakaiannya.
  1. Download dan Instal tuh Connectify 1.1
  2. Buka connectify dari icon yang terdapat di taskbar paling kanan dekat waktu dan tanggal.
  3. Isikan nama WiFi Network, Password access, kemudian tentukan jenis koneksi yang ingin anda gunakan untuk berbagi (support LAN, VirtualBox Host Only,Wireless Network, serta tanpa internet sharing). Setelah itu klik Start Hotspot.
    Contoh :
    Wifi Network = Hotspotku
    Password Access = password_anda
    Jenis Koneksi = Support LAN
  4. Setelah itu Aplikasi tersebut akan bekerja dan silahkan mengkoneksikan Laptop teman anda ke laptop yang terinstal connectify tadi dengan cara sbb :
    - Buka Wireless Network
    - Pilih Nama Hostpot yang dibuat tadi
    - Masukkan Passwordnya
    - Laptop sudah terkoneksi dan dapat mengakses internet

0 komentar:

Designer by : Sodiq -- Network Community -- 11-11-2011